PURWA WACANA

Om Swastiastu,

Desa Pakraman Pedungan memiliki pengurus yang telah di pilih pada Sabtu, 26 Maret 2011. Dengan susunan pengurus sebagai berikut: Bendesa : Drs. I Nyoman Sumantra; Penyarikan: I Nyoman Subaga ; Patengen: I Gusti Putu Loka; ; Patajuh Parhyangan : I Nyoman Jiwa Pande, S.Sos; Patajuh Pawongan : I Made Badra; Patajuh Palemahan : Ir. I Ketut Adhimastra, M.Erg; Kasinoman: I Made Suardana, SE

Om Santhi, santhi, santhi Om

11 Maret 2012

PARUM AGUNG DAN RAPAT LAPORAN TAHUNAN LPD

Untuk tahun ini tidak sebagaimana tahun-tahun sebelumya dimana Parum Agung Prajuru Desa Pakraman Pedungan berbarengan dengan Laporan Tahunan LPD. Paruman Agung dilaksanakan pada hari Minggu 4 Maret 2012 sedangkan Rapat Laporan Tahunan LPD dilaksanakan pada hari Minggu 11 Maret 2012, kedua kegiatan tersebut bertempat di Bale Wantilan  Pura Desa Pakraman Pedungan.
Alasan yang mendasari perbedaan hari pelaksanaan tersebut diuraikan oleh Jro Bendesa ( Drs. I Nyoman Sumantra) karena untuk materi Paruman Agung Desa Pakraman akan menyita banyak waktu dalam uraian dan pembahasannya ini karena dituntut oleh beberapa materi yang memang merupakan materi di desa Pedungan sendiri dan juga materi yang datang dari Pemkot Kota Denpasar untuk dibahas dalam parum.
Adapun materinya adalah:

  1. Penyampaian ucapan terimakasih dari Jro Bendesa kepada panitia/manggala karya atas terselenggaranya kegiatan Mecikang Pelawatan Sesuhunan di Pura Dalem Pakerisan. 
  2. Demikian juga terimakasih kepada pihak banjar Kaja dan Banjar Pesanggaran yang telah sukses dalam menjalankan Upacara Ngatep pemargin  pailehan Ngusabha Desa yang dilaksanakan di Pura Puseh dan Pura Desa. 
  3. Rencana pelaksanaan pembangunan Bale Gong dijaba mandala atau dekat tembok bagian barat.
  4. Penjelasan mengenai Jadwal kegiatan Rutin tahun 2012 untuk pelaksanaan upacara seperti: Mecaru, Pamelastian, maupun upacara pujawali di Kahyangan Tiga serta di Pura Sarin Peken.
  5. Penjelasan mengenai adamya kegiatan yang berbarengan antara hari Nyepi dengan hari saat solat Jumatan bagi umat muslim .
  6. Penjelasan mengenai prosesi ogoh-ogoh  dan langkah antisipasi pengamanan di desa Pedungan.
Sedangkan untuk materi pada saat minggu 11 Maret 2012, disampaikan juga beberapa hal seperti:

  1. Rencana pihak tim penilai ogoh-ogoh se kota Denpasar, yang akan memberi penilaian untuk daerah Denpasar Selatan adalah pada tanggal 15 Maret 2012.
  2. Penyampaian informasi tentang jadwal Nyepi yang akan dimulai dari pukul 06.00 wita hingga pukul 06.00 wita esok harinya.
  3. Sedangkan materi dari Laporan Tahunan 2011 LPD Desa Pakraman  Pedungan disampaikan oleh Kepala LPD langsung yakni Bapak I Made Suardana, SE.
Karena banyaknya materi itulah (tersebut di atas) yang menjadi dasar mengapa waktu pelaksanaan dua kegiatan ini dipisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar